SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME
Game berasal dari bahasa inggris yang berarti
permainan . Dalam setiap game terdapat peraturan yang berbeda – beda untuk
memulai permainannya sehingga membuat jenis game semakin bervariasi . Karena
salah satu fungsi game sebagai penghilang stress atau rasa jenuh maka hampir
setiap orang senang bermain game baik anak kecil, remaja maupun dewasa, mungkin
hanya berbeda dari jenis game yang dimainkannya saja.
Asal usul permainan video/video game terletak
pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada
akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan
sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui
tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di
komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya
pun turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai
platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan
genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video
adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan
baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Tapi ini
perusahaan tidak bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video
game yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol
di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke
Jepang. Tapi ini hanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer
sebagian besar tidak terpengaruh. Generasi selanjutnya dari konsol video
game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun
beberapa upaya akan dilakukan oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan
Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. Tidak
sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang
merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti
jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan
Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam
permainan elektronik genggam sejak dini. Saat ini hanya
perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld,
walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke
perangkat seperti ponsel dan PDA .
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME
1. Generasi Pertama
Pada generasi pertama di tahun 1972, Pong
adalah game yang terkenal pada masa itu. Pong sendiri
merupakan game seperti bermain ping-pong yang dapat dimainkan oleh
dua orang. Game tersebut dimainkan pada konsol Magnavox Odyssey yang
sangat mencuri perhatian karena konsol tersebut merupakan terobosan pertama
dimana permainan dapat dimainkan oleh manusia yang berinteraksi dengan mesin
2. Generasi Kedua
Tahun 1976 adalah generasi kedua teknologi game dimulai.
Generasi ini ditandai dengan munculnya era 8 bit atau kurang lebih era 4
bit. Pada generasi ini konsol game yang dikeluarkan adalah
Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video System. Selain
itu masih banyak konsol game lain yang bermunculan seperti
Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, dan Atari 5200.
3. Generasi Ketiga
Jika kalian mengenal nama Nintendo dan Sega, pada
generasi inilah mereka muncul. Generasi ini dimulai pada tahun 1983. Perusahaan
bernama FAMICOM atau di seluruh dunia juga dikenal dengan nama Nintendo
Entertainment System (NES) juga menggunakan 8 bit processor. Sega pun muncul
menjadi saingan Nintendo setelah itu. Kualitas gambar dari kedua konsol game ini
memang hampir sama, hanya yang membedakan adalah 16 bit processor yang dimiliki
Sega menjadi keunggulan dibandingkan Nintendo.
4. Generasi Keempat
Pada tahun 1988 generasi keempat teknologi game dimulai.
Pada generasi ini mini portable game console sudah mulai
dikenal. Persaingan antara Sega dan Nintendo pun masih berlanjut.
Pada saat itu Sega mengeluarkan konsol seri terbaru mereka dengan nama Sega
Mega Drive yang memiliki kualitas gambar yang lebih bagus dibandingkan dengan
Nintendo. Melihat keadaan tersebut, NES tidak mau kalah sehingga NES
mengeluarkan konsol terbaru mereka dengan nama Super Nintendo Entertainment
System (SNES). Sejak saat itu muncullah beberapa mini game console seperti
Gameboy yang diproduksi oleh Nintendo dan konsol game berbasis
CD pun juga mulai bermunculan.
5. Generasi Kelima
Pada generasi ini sebuah perusahaan bernama SONY
mengeluarkan konsol game dengan nama SONY PlayStation.
Konsol game tersebut memiliki gambar 3 dimensi (3D) dan sudah
menggunakan 32 bit processor. Untuk memainkan permainan konsol ini menggunakan
CD yang berisi jenis permainan yang ingin dimainkan dan menggunakanoptic untuk
membaca kepingan CD-nya. Kualitas gambar yang ditampilkan oleh konsol ini
hampir seperti nyata. Seluruh dunia pun menganggap SONY PlayStation adalah
terobosan yang baik dalam dunia game.
6. Generasi Keenam
Pada generasi keenam mulai bermunculan konsol game yang
mendukung gambar 3D. Saat itu persaingan antar beberapa perusahaan dan produsen
pun semakin ketat karena masing-masing dari mereka menunjukkan keunggulan dari
konsol yang mereka produksi. XBox pun muncul menjadi salah satu pesaing SONY
PlayStation, namun SONY tidak tinggal diam dan mulai memproduksi PlayStation 2
yang mempunyai kualitas gambar lebih baik dari pendahulunya, PlayStation 1.
PlayStation 2 merupakan konsol yang sudah menggunakan RAM dan DVD karena data
dari game yang dijalankan pada konsol ini sudah cukup besar
yaitu sekitar 4GB.
7. Generasi Ketujuh
Pada generasi ini SONY mengeluarkan seri terbaru dari
PlayStation yaitu PlayStation 3 yang memiliki kualitas gambar lebih nyata.
Disaat yang sama Xbox 360 dan Nintendo wii keluar sebagai pesaing PlayStation
3. Semua konsol game ini memiliki kualitas gambar yang hampir
setara namun sangat berbeda jauh dengan kualitas gambar pada generasi kelima.
Data pada video game yang digunakan pada generasi ini sudah
cukup besar. Pada PlayStation 3 misalnya, konsol ini menggunakan Blue Ray yang
berkapasitas 200GB bahkan ada yang sampai 500GB. Semua konsol pada generasi ini
dapat juga dimainkan pada PC atau komputer, namun dengan catatan komputer atau
PC yang digunakan harus mempunyai spesifikasi yang mumpuni sehingga bisa
menampilkan gambar yang bagus dan nyata.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar