TREND TEKNOLOGI GAME
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang
memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft
memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller
yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang
memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih
memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend
internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur
Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang
masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup
mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan
lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office
Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009
masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend
ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah
aplikasi Zoho.
Cloud Computing
Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan
merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan
file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service
dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
DAFTAR PUSTAKA
http://dhitovans.blogspot.co.id/2010/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
[14-03-2016,11.11 WIB]
http://agungbudip94.blogspot.co.id/2016/03/trend-teknologi-game.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar